Mengenal Trombosit Dan Fungsi Penting Bagi Tubuh

Mengenal Lebih Dekat Tentang Trombosit & Peranannya Bagi Tubuh

Setiap hari kita tahu bahwa tubuh senantiasa beregenerasi dan melakukan pembelahan. Tidak hanya itu, tubuh juga selalu terjadi berbagai macam kerusakan didalamnya. Dimulai dari makan makanan yang melukai tubuh, aktifitas fisik berat yang juga merusak tubuh, terjatuh, maupun terbentur sesuatu. Pada dasarnya tubuh manusia selalu rusak dan membangun. Namun jangan khawatir karena kita sudah memiliki bagian tubuh yang luar biasa.

Salah satu dari komponen pembentuk yang membantu proses penyembuhan manusia adalah trombosit. Trombosit  yang juga dikenal sebagai keping sel darah merupakan salah satu komponen darah yang mempunyai penting yaitu sebagai pembeku darah.

Bagaimana Cara Kerja Trombosit?

trombositopenia pada penderita demam berdarah | jual fufang ejiao resmi
Trombosit dihasilkan dan berada dalam darah selama 10 hari


Trombosit didalam darah akan bekerja dengan cara menutupi pembuluh darah yang rusak. Hal ini ia lakukan dengan cara membentuk benang-benang fibrin, yaitu merupakan benang yang terbentuk seperti jaring-jaring yang nantinya akan menutup kerusakan tersebut.

Trombosit manusia berukuran mikroskopis dan berbentuk bulat, dengan bentuk dan ukurannya tersebut memungkinkan trombosit masuk ke pembuluh darah yang kecil sekalipun dan mampu menempatkan diri pada lokasi yang paling optimal.

Trombosit dibentuk di dalam sumsum tulang dan memiliki masa hidup selama kurang lebih 10 hari didalam darah. Selama masa hidupnya, trombosit akan berada didalam darah dan bersiap untuk menginvasi daerah tubuh yang mengalami perdarahan.

Apakah Fungsi Utama Trombosit?

Seperti sudah dijelaskan diatas, trombosit berperan dalam proses pembekuan darah dan pembentukan jaringan – jaringan baru yang rusak.

Jika digambarkan secara lebih mudah, ketika tubuh mengalami luka maka trombosit akan berkumpul ke tempat luka. Ketika sampai, trombosit akan memicu pembuluh darah untuk mengkerut (hal ini diperuntukkan supaya tidak banyak darah yang keluar) dan memicu pembentukan benang-benang pembekuan darah yang disebut dengan benang-benang fibrin.

Benang-benang ini kemudian akan membentuk formasi yang berbentuk seperti jaring-jaring. Dengan terbentuknya jaringan fibrin maka tubuh akan mampu menghentikan perdarahan aktif yang terjadi pada luka.

Peran Lain Dari Trombosit Bagi Tubuh

Tidak hanya itu, ternyata trombosit juga mempunyai peranan dalam melawan infeksi virus dan bakteri dengan cara memakan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Dengan bantuan sel-sel kekebalan tubuh lainnya akan menghancurkan virus dan bakteri di dalam trombosit tersebut. Hal ini seperti trombosit mengorbankan diri untuk menghancurkan virus dan bakteri yang berada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan trombosit juga berperan dalam proses kekebalan tubuh.

Gangguan Trombosit Dalam Tubuh

penurunan trombosit pada demam berdarah anak | jual fufang ejiao resmi
Penyakit demam berdarah yang sangat tinggi di Indonesia memaksa trombosit bekerja lebih keras


Trombosit memiliki nilai normal 150.000-400.000 sel/mikroliter darah. Ini merupakan range normal bagi tubuh. Jika berada diatas maupun dibawah itu maka tubuh akan merespon dengan hal yang berbeda.

1.     Trombosit Tinggi

Kadar trombosit di atas rentang nilai normal (>400.000/mikroliter darah) merupakan kondisi darah yang disebut dengan trombositosis. Penyebab terjadinya trombositosis dibagi menjadi 2 yaitu primer (kelainan di sumsum tulang) dan sekunder (yang diakibatkan suatu penyakit). Penyebab yang paling sering terjadi adalah penyebab sekunder akibat dari sebuah penyakit maupun infeksi.

Salah satu penyebab yang termasuk penyebab sekunder adalah: kekurangan zat besi, peradanganan dalam tubuh (infeksi maupun tanda inflamasi), keganasan (kanker).

Trombosit memiliki karakteristik yang mudah pecah dan menggumpal bila adanya gangguan seperti disebutkan diatas. Inilah mengapa jika kadar trombosit terlalu tinggi dalam darah bisa berpotensi terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Sumbatan ini dikarenakan oleh gumpalan yang akhirnya menjadai plak didalam pembuluh darah. Plak ini akan sangat mengganggu aliran pembuluh darah. Inilah mengapa trombosit harus dijaga kadar normalnya, karena terlalu tinggi pun tidak baik.

2.     Trombosit Rendah

Kadar trombosit di bawah rentang normal (<150.000/mikroliter) disebut dengan trombositopenia. Apa yang menyebabkan kondisi ini? Trombositopenia umumnya disebabkan oleh obat-obatan tertentu, atau karena gangguan pembekuan darah di seluruh tubuh akibat infeksi atau peradangan yang meluas seperti pada kasus demam berdarah dengue atau demam tifus. Bila trombositopenia diikuti dengan penurunan nilai normal komponen sel darah yang lain (sel darah merah dan sel darah putih), perlu dicurigai adanya kegagalan sumsum tulang dalam memproduksi seluruh komponen sel darah seperti pada kanker darah yang akut (leukemia akut) atau kelainan dalam pembentukan sumsum tulang (myelodysplasia).


Fufang Ejiao Jiang, obat herbal penyusun komponen darah.

jual fufang ejiao resmi distributor


Baik Digunakan Bagi
-        Pasien dengan trombosit rendah karena penyakit DBD atau Tifus
-        Memiliki siklus menstruasi yang terbiasa dengan perdarahan banyak
-        Pasien dengan sel darah putih yang rendah seperti sedang dalam kemoterapi


Komposisi
Ed-Jiao (Latin Colla Corini Asini), Dangshen (Radix Codonopsis), Shu Di Huang (Rehmannia), Shan Zha (Fructus crataegi)

Dosis
-
Aturan Pakai
Anak – anak <12 tahun                    : Gunakan 1 botol setiap hari pada pagi hari. Boleh digunakan 2 botol setiap hari selama 6 hari saat sedang dalam perawatan medis.
Dewasa                                                      : Gunakan 1 botol per hari untuk menjaga stamina dan kesehatan. Gunakan 2 – 3 botol sehari jika sedang dalam perawatan medis.

Kemasan
Dus, 12 botol @ 20 botol
Efek Samping
-
Kontra Indikasi
-
Perhatian
-
Interaksi Obat
-
Segmentasi
Herbal
Manufaktur
Saras Subur Abadi
Nomor BPOM
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor TI 164 650 681.

Fufang Ejiao Jiang (12x20ml)

Rp. 269.000


Lakukan pemesanan hanya melalui distributor resmi dan terdaftar.
Sertakan form pemesanan untuk pemesanan :

Nama                                         :
Jumlah Pesanan                  :
Alamat                                      :
No. Handphone                   :

Atau klik disini untuk pemesanan via WhatsApp




x

Comments