8 Pilihan Makanan Peningkat Trombosit Bagi Anak Yang Belum Anda Ketahui | HerbiMed

Herbimed - Trombosit merupakan komponen darah yang krusial dan berperan dalam proses penyembuhan anak - anak dari dbd. Memberikan cairan dan tindakan medis yang tepat dan cepat merupakan hal yang penting. Namun, jenis obat dan makanan peningkat trombosit apa sajakah yang aman bagi anak - anak?

Sebelum lebih jauh, anda perlu memahami kriteria trombosit atau platelet yang rendah merupakan trombosit yang berada dibawah 150 ribu. Dari berbagai makanan yang direkomendasikan kami menarik sebuah garis besar jenis makanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan trombosit, yaitu makanan yang padat mineral serta vitamin. Melalui artikel ini kami akan membagikan makanan - makanan yang sangat memiliki potensi untuk meningkatkan trombosit secara efektif. 


1. Tanda - Tanda Anak Mengalami Penurunan Trombosit


Secara klinis, jika jumlah trombosit masih diatas 50 ribu biasanya anak - anak tidak menunjukkan tanda klinis yang berbeda dengan umumnya. Namun jangan disepelekan, perburukan bisa terjadi sewaktu - waktu.

Anda dapat dengan mudah melihat bagaimana kemungkinan terjangkitnya anak - anak dari demam dengue dari beberapa gejala berikut ini :

- Mudah lelah. Anak akan merasa mudah lelah dan tidak merasa bergairah

- Demam tinggi hingga mencapai 40c keatas. Demam ini dapat bergejala selama 1 - 7 hari kemudian perlahan - lahan menurun

- Ruam atau adanya bintik - bintik kemerahan pada kulit. Ini biasanya terlihat jelas secara kasat mata jika adanya bintik - bintik kemerahan pada tubuh. Ruam akan nampak mengumpul dan tersebar dengan warna merah yang mencolok

Baca : Kenali Lebih Lanjut Tentang Gejala Demam Berdarah Pada Anak

- Nyeri pada otot dan sendi. Pasien akan merasa bahwa sendi - sendi tubuh sulit digerakkan dan nyeri

- Nyeri pada belakang mata dan terasa pusing

- Kehilangan nafsu makan akibat mual yang diakibatkan oleh demam berdarah

- Mimisan atau perdarahan ringan. Sebenarnya mimisan ini jarang terjadi kecuali jika trombosit anak berada dibawah 10ribu.

- Memar pada kulit anak. Memar yang terjadi pada kulit anak sering terlihat, hal ini diakibatkan oleh trombosit yang rendah menyebabkan pembuluh darah yang pecah sulit untuk terbentuk kembali.

purpura pada penurunan trombosit pada anak
Salah satu efek yang sering muncul pada penurunan trombosit adalah memar pada tubuh anak

2. Risiko Akan Trombosit Yang Rendah

Apa yang akan terjadi jika trombosit tubuh menurun drastis?

Anda dapat membayangkan bagaimana jika sebuah bendungan mengalami kebocoran namun tidak ada upaya dari pengelola untuk melakukan penambalan daerah yang bocor.

Apa yang terjadi?

Air akan tumpah ke berbagai penjuru dan menggenangi daerah diluar bendungan.

Inilah yang terjadi jika tubuh mengalami penurunan trombosit.

Sebelum lebih jauh mari kita bahas apa saja penyebab rendahnya trombosit pada tubuh.

Penurunan trombosit atau yang biasa dikenal dengan trombositopenia diakibatkan oleh 3 hal utama yaitu :

- Menurunnya kinerja sumsum tulang belakang untuk memproduksi platelet (trombosit)

- Peningkatan kerusakan trombosit yang dilakukan oleh tubuh

- Penyerapan trombosit yang dilakukan oleh organ limpa.

Ketiga hal ini tidak perlu terlalu dipusingkan karena tidak perlu terlalu paham untuk hal ini.

Namun jika terjadi penurunan trombosit akan ada perubahan dari penampakan klinis maka kita akan menemukan adanya perdarahan spontan maupun tanda - tanda memar di tubuh.

Seperti sudah dijelaskan mengenai analogi bendungan yang bocor. Perdarahan dari tubuh diakibatkan oleh adanya kebocoran dari kerusakan pembuluh darah. Namun karena trombosit sangat rendah maka tubuh tidak dapat segera menutup kebocoran yang ada. Darah tadi akan keluar dari bendungan dan memenuhi ruangan tubuh yang disini akan muncul dalam bentuk perdarahan seperti mimisan maupun memar.

3. Makanan Rekomendasi Peningkat Trombosit

Apakah yang harus kita lakukan jika tubuh mengalami penurunan trombosit yang cukup drastis?

Selain memasukkan kembali cairan yang hilang dari tubuh, kita juga bisa membantu percepatan ini dengan memberi asupan penuh nutrisi dan gizi.

Di Indonesia kita banyak menggunakan jus jambu atau kurma sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan trombosit tubuh. Namun beberapa pilihan dibawah ini akan membuat anda semakin berpikir kreatif untuk menyajikan makanan peningkat trombosit bagi anak.

A. Pepaya

pepaya makanan peningkatan trombosit
Pepaya dengan kandungan vitamin tinggi berperan dalam meningkatkan produksi trombosit bagi tubuh

Pepaya jarang didengar sebagai salah satu buah yang membantu untuk meningkatkan trombosit bagi tubuh.

Namun tidak hanya pada buah pepaya namun juga pada daun pepaya. Baik pepaya maupun daun pepaya memiliki potensi yang luar biasa untuk mendorong jumlah trombosit.

Sebenarnya penggunaan daun pepaya sudah sangat lazim digunakan oleh bangsa kita namun masih belum dikenal secara luas bahwa daun pepaya sangat bermanfaat dalam meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

Anda dapat merebus daun pepaya dan meminum sarinya. Pastikan bahwa daun pepaya yang anda rebus sudah dicuci dengan baik. Minum sehari 2x untuk membantu tubuh meningkatkan trombosit.

B. Pomegranate (Buah Delima)

buah delima peningkat trombosit


Buah Delima sebagai peningkat trombosit mungkin baru kita kenal saat ini. Namun faktanya buah delima memiliki kandungan mineral yang sangat padat, antioksidan, serta vitamin C yang tinggi. Dimana kombinasi komposisi makanan ini merupakan penjaga tingkat daya tahan tubuh manusia terbaik. Buah delima memiliki kandungan besi yang sangat berperan dalam komponen pembentukan darah dan mencegah anemia

Buah delima saat ini sebenarnya tidak sulit ditemukan dan dapat dengan mudah dikonsumsi.

C. Labu Kuning

Sama seperti pepaya, labu juga memiliki kandungan Vitamin A yang digunakan untuk membantu meningkatkan trombosit

D. Makanan Tinggi Vitamin A

Vitamin A memiliki peranan yang esensial untuk kepentingan sintesis sel trombosit baru. Contoh makanan dengan kandungan Vitamin A yang tinggi dapat anda temukan pada wortel, ubi manis, kale. 

E. Makanan Tinggi Asam Folat

Asam folat sering dikenal sebagai makanan maupun suplementasi bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada ibu hamil biasanya terjadi penurunan Hemoglobin maupun komponen darah lainnya akibat berbagi dengan janin.

Dengan manfaat folat yang begitu besar maka makanan dengan asam folat minimal 400mg per hari mampu menolong tubuh untuk membentuk sel - sel trombosit baru.

Makanan dengan asam folat tinggi dapat anda temukan pada jeruk, bayam, asparagus, kacang- kacangan, kismis. 


F. Makanan Yang Tinggi Vitamin K


Dalam sistem pembekuan darah, vitamin K memiliki peranan yang esensial. Dimana bahkan pembentukan pembekuan darah tidak mungkin terjadi tanpa peran vitamin K.

Vitamin K pada tubuh berperan untuk mengaktifasi protein yang menstimulasi pembekuan darah. Sehingga mengonsumsi makanan dengan vitamin K yang tinggi berperan dalam pembekuan darah.

Makanan yang tinggi vitamin K dapat anda temukan di sayuran hijau seperti bayam, selada, kale, brokoli, rumput laut, hingga olive oil dan telur.

G. Susu

Jika ada sejenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi sangat padat dan mampu mendorong kandungan zat besi pada tubuh yaitu susu.

Susu mengandung kalsium tinggi yang bekerjasama dengan vitamin K untuk membantu meningkatkan kandungan trombosit dalam darah dan membentuk gumpalan.

Tidak hanya susu namun produk - produk turunan susu juga memiliki kandungan kalsium yang sangat membantu tubuh untuk terus memproduksi platelet dalam tingkat optimal.

H. Sumber Protein Rendah Lemak

daging sebagai makanan peningkat trombosit
Masih jarang di Indonesia namun protein memiliki peranan untuk meningkatkan trombosit

Penggunaan protein rendah lemak masih jarang digunakan di Indonesia karena ketidakpahaman jenis diet yang harus digunakan saat seseorang mengalami trombositopenia (trombosit rendah). 


Protein rendah lemak merupakan sumber makanan dengan kandungan vitamin B12 serta Zinc yang tinggi. 

Apakah fungsi kedua nutrisi ini? B12 dan Zinc memainkan peran dalam mengembalikan kandungan trombosit rendah. Untuk memberikan manfaat maksimal masukkan daging sapi, ayam, maupun ikan dalam pola makan anda. 

Telah diketahui sumber protein berupa kerang dan kepiting memiliki kandungan zinc yang sangat besar. Tidak hanya zinc namun juga ada kandungan Omega 3 yang menbantu sumsum tulang belakang untuk memproduksi trombosit ke kadar normal. 

Penurunan trombosit merupakan sinyal bagi penurunan fungsi normal tubuh yang perlu diwaspadai, bagaimanapun jika terjadi penurunan trombosit dalam jumlah besar tetap bawa anak anda ke rumah sakit untuk mendapatkan pengalaman segera.

Comments